Selasa, 18 September 2007

praktek audit

Analisis Perbedaan Laporan Auditor Yang Menggunakan Aturan Lama dengan Laporan Auditor Yang Menggunakan Aturan Baru Pada PepsiCo, Inc.

Laporan Auditor yang baru lebih panjang daripada laporan auditor yang lama. Karena laporan auditor yang menggunakan aturan lama berupa laporan mengenai hasil audit yang hanya dilakukan terhadap financial statement saja tanpa mempertimbangkan internal control sesuai dengan aturan dari COSO.

Akan tetapi pada laporan auditor yang menggunakan aturan baru, hasil audit terhadap internal control yang sesuai dengan COSO sangatlah dipertimbangkan. Hal ini dilakukan selain untuk mengetahui kewajaran dari laporan keuangan juga untuk mengetahui apakah ada kecurangan ataupun fraud yang dilakukan oleh pihak manajemen yang hanya bisa dideteksi dengan melakukan audit terhadap internal control perusahaan tersebut.

Bila dahulu kita mengaudit bahwa suatu laporan keuangan itu reliable dan validity sekarang ditambah efisiensi dan efektifitas. Kandungan sasarannya pun berubah menjadi dua menjadi Financial dan Non Financial.

Pada kasus PepsiCo, Inc, laporan auditor perusahaan ini pada tahun 2005 sudah menggunakan aturan baru. Dahulu laporan auditor pada financial statement dinamakan independent auditors’ report, sedangkan untuk aturan baru diganti menjadi report of independent registered public accounting firm.

Tidak ada komentar: